Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

hallo , hai ……… Kalian pernah merasa malas saat belajar? Pernah ngerasa gak mood saat mau belajar ? Atau mungkin kalian engga konsen saat belajar? Tenang aja. Masalah itu semua bisa kok diatasi , nah dipostingan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips dan trik cara belajar supaya bisa menjadi efektif dan efisien khusus nya buat kita para pelajar yang masih dibilang muda 😀 ehehe …

1. Belajar Tanpa Mood
images (45)
Maksudnya disini yaitu belajar tanpa harus sesuai dengan mood kita,saat lagi unmood tibatiba kita mendadak jadi males kan gak bagus. Belajarlah karena kesungguhan kita untuk berubah, jangan belajar hanya dengan berlandaskan mood saja.
Iya kalau pas nice mood, lah kalau pas bad mood kita jadikan alasan untuk kita tidak belajar, saya berani jamin ilmu yang anda pelajari akan sama halnya dengan air yang menetes di lapangan panas, sangat mudah menguap. Jadi jangan pernah belajar berdasarkan mood ya kalau ingin hasil yang memuaskan.

2. Belajarlah di manapun anda suka
5-tips-ajarkan-anak-suka-membaca
Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi.

3. Belajar sambil diskusi
qefgg
Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Sehingga pertukaran ide terus berjalan, yang pintar tidak semakin pintar, begitu pula yang bodoh tidak semakin terperosok. Semua bisa menjadi seimbang.

4. Belajar dengan diiringi musik
32Belajar-Musik-Corbis
Musik memang bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam belajar, namun hal ini tidak selalu terjadi pada setiap orang. Ada beberapa orang yang malah suka keadaan yang hening. Jadi, jika musik bisa membantumu berkonsentrasi, just listen it 🙂

5. Buat flashcard
images (2) (1)
“Flashcard” adalah sebuah media yang sangat populer untuk membantu anda mengingat-ingat poin tertentu dalam sebuah pelajaran. Intinya, anda bisa memotong-motong kertas seukuran kartu remi, sesuai jumlah yang anda butuhkan. Pada satu sisi, anda bisa menuliskan sebuah pertanyaan, dan di sisi lain anda menulis jawaban dari pertanyaan tersebut. Bawalah flashcard ke manapun anda beraktivitas, atau tempelkanlah di kamar anda, di tempat yang mudah terlihat. Dengan menggunakan flashcard, proses belajar akan menjadi lebih efektif dan menarik.

6. Mengatur Tata Ruang Belajar
Jangan sampai meja tempat anda belajar dipenuhi dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian. Singkirkan telepon, laptop, serta benda lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar anda. Pastikan juga alat tulis dan kertas yang anda perlukan terletak dalam jarak jangkauan anda. Ingat, salah satu penyebab gagalnya aktivitas belajar adalah terlalu banyaknya hal-hal lain yang bisa mengalihkan aktivitas anda. Jika hal-hal pengalih perhatian itu dijauhkan dari jangkauan, maka anda akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi dalam menyerap materi.

7. Minum air putih dan Makan camilan di tengah proses belajar
infused water
Makan camilan, sepanjang tidak membuat kita terlalu kenyang terbukti ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan snack dan berbagai makanan ringan untuk menemani anda belajar. Ketika anda merasa mulai bosan dan konsentrasi menurun, ambilah segenggam snack dan air putih , kemudian luangkan waktu 1-2 menit untuk menyantapnya. Setelah selesai, anda pasti akan merasa lebih fresh dan konsentrasi anda untuk belajar kembali di titik puncak.

8.Jangan hanya menghafal
Metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari “nilai-yang-baik”, namun apakah pengetahuan kita bertambah? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu. Dalam film 3 idiots, ada sebuah quotes yang sangat mengena: “Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan”

9. Cintailah mata pelajaran yang anda suka
Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba. You’ll be the best, but wait until the time’s coming on ^_^

10. Kunci semua metode belajar
Kuncinya terletak pada kesungguhan kita dalam berdo’a, karena saya masih ingat betul ada yang bilang kecerdasan seseorang 73% dari kesungguhan do’anya, sedangkan 27% dari belajar. Intinya do’a sangatlah penting, sebagai bentuk pasrah kita Kepada Allah. Namun belajar juga sangatlah penting, ingat! Tidak bisa mencapai 100% tanpa ada yang 27% tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: